Jumat, 27 Desember 2013

Bagaimana Pengaruh Sosial Desain terhadap Usia

Hay guys, saya muncul lagi. Setelah kemarin saya membahas tentang "Penggunaan Desain dan Warna serta Efek Sosial yang ditimbulkan. Kini saya akan membahas tentang "Bagaimana Pengaruh Sosial Desain terhadap Usia". Tanpa berlama-lama mari kita mulai saja pembahasan ini.




Apa itu sosial desain?

Desain memiliki banyak definisi dan istilah ini untuk tujuan yang sangat berbeda diseluruh dunia. Dalam dunia desain, sosial desain dapat diartikan produk dan jasa. Dan dalam dunia sosial, sosial desain merupakan penciptaan realitas sosial, desain dari dunia sosial.



Pengaruhnya terhadap usia


Sangat banyak sekali desain didunia ini, tapi setiap desain tersebut memiliki maksud dan tujuan yang berbeda. Seperti pesan yang ingin disampaikan, kepada siapa pesan tersebut dituju. Jadi kita tidak bisa sembarangan dalam membuat desain.

Disini saya akan membahas lebih dalam tentang kepada siapa pesan tersebut dituju. Pengguna sosial desain beragam, sehingga saya disin akan membaginya berdasarkan usia. Kita akan membaginya menjadi usia anak-anak, remaja, dan orang tua. Berikut pembahasannya, pengaruhnya dan contoh-contohnya.

Target Pertama : Anak-anak



Usia sekitar 5-12 tahun. Pada usia tersebut, seseorang lebih suka dengan hal-hal yang sederhana, berbau imajinasi, warna-warna cerah dan bentuk-bentuk atau karakter yang lucu. Gunakan jenis, ukuran, dan warna font yang unik agar anak-anak tertarik, tidak cepat bosan membacanya, dan juga dapat menumbuhkan minat baca anak sedari dini.
Contohnya adalah buku cerita atau buku bacaan anak. Kebanyakan buku bacaan yang dibuat untuk anak-anak berisi lebih banyak gambar daripada tulisannya, serta dengan penggunaan warna-warna cerah yang mencolok dan menarik bagi mereka. Tulisannya pun dibuat dengan jenis font yang lucu, tidak kaku, dengan ukuran yang relatif besar. Materi yang disampaikan-pun masih sekitar dunia dongeng, cerita fabel, cerita rakyat dan semacamnya yang berguna untuk meningkatkan imajinasi ank tersebut.


Target Kedua : Remaja

Usia sekitar 12-22 tahun. Pada usia tersebut, seseorang lebih suka dengan hal-hal yang simpel, tidak terlalu berlebih dalam hal gambar dan warna. Karena tingkat pengelihatan pada usia ini masih relatif bagus, jadi tidak terlalu masalah dengan jenis atau ukuran font yang digunakan, namun untuk menghindari kebosanan saat membacanya, gunakan sedikit gambar-gambar yang menarik untuk membantu imajinasi.
Contohnya adalah novel. Sebagian remaja yang gemar membaca biasanya lebih memilih novel sebagai buku bacaanya, walaupun melibatkan sedikit gambar, tapi cerita dalam novel tersebut dapat meningkatkan imajinasi dan tatacara penulisan serta penggunaan bahasa yang baik dan benar.


Target Ketiga : Orang Tua

Usia mulai dari 22 tahun dan seterusnya. Pada usia tersebut, seseorang lebih suka dengan hal-hal yang simpel dan sederhana, tidak bertele-tele dan langsung kepada pembahasan inti masalah, juga hal-hal yang berbau tentang kenyataan atau masalah-masalah sosial yang terjadi. Pemilihan warna atau desain tidak terlalu dipedulikan selama warna dan desain tersebut dapat dimengerti. Karena tingkat pengelihatan yang sudah mulai berkurang, maka gunakanlah jenis dan ukuran font yang standar, simpel, jelas, dan agak besar agar mudah dibaca.
Contohnya adalah koran. Walaupun terkesan banyak tulisan, namun materi dan gambar yang disajikan di koran adalah kenyataan. Hal ini disukai oleh orang tua karena mereka bisa tetap tahu tentang perkembangan zaman dan hal-hal yang terjadi di sekitar hanya dengan membaca saja.


Jadi kesimpulannya, untuk membuat sebuah desain, kita harus tahu dulu untuk siapa desain tersebut ditargetkan.



Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Social_design
http://mojomakearocket.blogspot.com/2013/12/penggunaan-sosial-desain-berdasarkan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar